Wednesday, November 14, 2018

Kehidupan sekha manyi di desa madangankelod

Di dalam pedesaan terdapat masih banyak persawahan yang produktif,yang bisa menghasilkan padi yang bagus untuk hasil berasnya.
Maka berbagai sekha yang sudah ada,oleh orang-orang dulu sampai masih sekarang,hanya bertujuan berbagi pengetahuan tentang pertanian walaupun ilmu yang didapat masih terbatas..
Diantara sekha yang ada;  sekha yeh, sekha arit, sekha manyi, sekha munuh.
Nah...!!disini kita akan perhatikan adalah sekha manyi yang aktif pada waktu musim panen saja,mereka akan berkumpul untuk saling membantu memanem padi yang sudah menguning..
Pemadangan ini bisa sering kita lihat dan perhatikan di persawahan,mereka akan memulai dari pagi sampai sore hari, dan mereka akan beristirahat pada saat matahari sudah berada diubun-ubun,Dengan membuka bekal yang dibawah dari rumahnya masing-masing.
Untuk sekha manyi ini, ada yang bertugas sebagai pemotong padi, memukul-mukul padi dan membersihkan gabah dari sisa daun padi yang tua.dan kemudian mereka akan memasukan gabah yang sudah bersih kedalam karung yang sudah mereka sediakan dari rumah,dan akan dikumpulkan untuk nanti setelah selesai padi dipanen mereka akan bawa pulang.
Dan hasil yang didapat akan dibagi lagi untuk sekha manyi dengan kesepakatan yang dibuat oleh sekha itu sediri, nantinya hasil dari sekha itu akan bisa dibawa pulang untuk penghidupan mereka sehari-hari..

#sekhamanyi #persawahan #memanenpadi
SEKHA MANYI DI DESA MADANGAN KELOD

No comments:

Post a Comment