Monday, November 19, 2018

Pembugaran bale kulkul dan penyengker pura masceti madangan kelod..

Pembangunan yang memang sudah diprioritaskan pada bale kulkul dan penyengker pura masceti ini, dengan kebradaan pura berada dibanjar dinas madngan kelod, memang cukup menguras materi, waktu, tenaga dan pemikirn para pengempon pura...!! 
Bale kulkul pura masceti (peristiwa) 

Dalam sistem pengambilan pekerjaan ini dilakukan oleh beberapa pekerja dari luar desa, dan diperbantukan dari tenaga masyarakat setempat dengan cara bergotong-royong,cara ini mendapat respon yang cukup baik dari masyarakatnya..
Adanya pekerjaan bale kulkul dan penyengker pura, mendapat pengawasan cukup ketat dari kelihan desa,mungkin supaya mendapatkan hasil yang sesuai dengan seperti perjanjian-perjanjian yang sudah disepakati bersama oleh kontraktor dengan pejuru pengempon pura. Dengan kesepakatan seperti ini maka dibentuknya kembali ornamen-ornamen lama pada batu-batu bangunan bale kulkul tersebut tetap ada seperti trdahulu,dengan mengupayakan seni dan kuub(bentuk) bangun tetap terjaga..
Untuk penganggaran pembangunan ini tidaklh sedikit, dan pastinya sudah terencana dari awal pembangunan bale kulkul dan penyengker pura masceti.
persiapan-persiapan ini memang dalam perincian paruman yang dilaksanakan oleh kelihan dan masyarakat,untuk memperoleh kesepakatan bersama.
Pada akhirnya dalam pembangunan ini menemukan titik terang,dengan terselesainya pembangunan bale kulkul dan penyengker pura.
Penyengker pura masceti
(peristiwa) 

terlihatlah dari hasil pergulatan waktu yang cukup lama, dengan sekarang yang sudah adanya bale kulkul dan penyengker pura yang baru, sehingga bangunan menjadi lebih bgus dan kuat..
Maka terbuktilah bahwa dari sebuah kerja keras yang memang didasari rasa tulus dan iklas dengan jerih payah yang sesuai,dan dari rasa tanggung jawab yang besar seorang kelihan untuk masyarakat, dan dari masyarakat yang penuh dengan dukungan(suport).
maka terciptalah suatu krya dan seni yang tertuang dalam bangunan bale kulkul dan penyengker yang indah...

Matur suksema..!!

No comments:

Post a Comment