Saturday, November 17, 2018

Tuak adalah nyawa.. Benerkah...???

Tentunya banyak diantara kita sudah tau apa itu tuak. !! Tuak merupakan minuman yang mengandung alkohol dan punya ciri khas rasa;seperti manis, asam, kecut. 
Ada beberapa jenis tuak dibali tergantung dimana pengambilannya,ada tuak nyuh: diambil dari pohon kelapa, ada tuak jak: diambil dari pohon jaka, ada tuak ental: diambil dari pohon ental itu sendiri, setiap pengambilan tuak dari setip pohon-pohon ini akan menghasilkan tuak dengan rasa dan ciri khas yang berbeda, serta pengambilan air tuak pun tidak mudah, dan harus menunggu satu hari... 
Jaen hidup didesa (ilustrasi) 

Diantar orang-orang yang memang gemar minum tuak,mereka akan mrasakan sensasi dan kenikmatan rasa dari minum tuak itu sendiri, misalnya badan terasa hangat, pikiran terasa tenang, karna efek dari alkohol yang dikandung oleh minuman tuak..
Tetapi... banyak orang-orang yang minum tuak tidak memperdulikan efek alkohol dari minuman tuak, kadang mereka minum tuak sampai melebihi dari kekuatan tubuhnya sendiri, dan membuat kestabilan tubuhnya sendiri berkurang, Sehingga akan merasakan perasaan yang tidak menentu dan akhirnya akan berbicara tidak jelas yang seharusnya pembicaraan itu tidak dibicarakan...
Ngorte sambil metuakan (ilustrasi)

Apa lagi sudah sampai tercandu oleh minunam tuak..,ini akan lebih efeknya jelek sekali pada tubuh, misalnya :bisa mengurangi daya pikir(pikun-pikunan),mengurangi konsentrasi otak, serta daya tahan tubuhnya, yang menimbulkan tangan sering gemetaran.
Dan tentunya masih bnyak lagi yang ditimbulkan oleh alkohol dalam tuak..
Maka dari itu bisa disarankan, apabila minum tuak jangan sampai berlebihan, yang pastinya bisa membuat tubuh tidak setabil dalam waktu yang cukup lama dalam artian punyah(mabuk),jangan sekali-kali berkendaraan disaat tubuh sudah terasa tidak stabil(punyah),ini akan bisa berakibat patal bagi diri sendiri..
Nahh..!! Apakah bener tuak itu adalah nyawa..??,tentunya kembali kediri kita sendiri. Apabila minum tuak dimanfaatkan secara baik tentunya akan lebih bermanfaat bagi tubuh, dan akan sebaliknya bisa merusak tubuh jika berlebihan mengkomsunsi tuak itu sendiri.
Setiap orang yang sudah dewasa pastinya sudah mengerti tentang hal-hal seperti ini, bukan...!!!
Maka itu pintar-pintarlah mencerna suatu kejadian agar hidup bisa lebih bermanfaat..
Matur suksema..
Semoga artikel ini bisa bermanfaat..!! 🙏🙏

No comments:

Post a Comment